Apple Rebut Posisi 2 Dari Xiaomi, Kok Bisa?

Apple Rebut Posisi 2 Dari Xiaomi, Kok Bisa?

Menyambut akhir tahun, Canalys meriliskan sebuah hasil riset mengenai pangsa pasar vendor smartphone dunia di kuartal III – 2021.

Pada laporan itu, Canalys membuat ranking  besar vendor smartphone yang ada di dunia yang mencatatkan shipment atau pengiriman yang paling banyak.

Apple kembali menjadi vendor dengan posisi kedua pada smartphone dunia. Sebelumnya Apple di kuartal ke II – 2021 turun ke peringkat ketiga dikarenakan digeser oleh Xiaomi.

Sementara Samsung menjadi vendor ponsel yang punya pangsa pasar terbesar di Kuartal III – 2021. Samsung menjadi raja di smartphone global yang punya total pengiriman sebanyak 69,4 juta unit ponsel serta meraup pangsa pasar 21%.

Sementara itu, Apple ada pada posisi dua dunia dengan pangsa pasar 15% dan total pengiriman sebanyak 49,2%.

Angka itu naik sebesar 145 jika dibandingkan dengan kuartal III – 2020 kemarin. Menurut Canalys, gapaian itu berhasil didapatkan oleh Apple karena turut dipengaruhi oleh tingginya pre order iPhone 13 series saat ini.

Salah satu peneliti yang ada di Canalys, Le Xuan Chiew juga memberikan penilaian bahwa iPhone 13 memang punya beberapa aspek unggulan seperti spek yang bikin pemain slot online tergiur sehingga bisa mendongkrak total pengiriman iPhone di kuartal itu.

“Perangkat sudah membuktikan peningkatan yang menarik dengan kamera serta masa pakai baterai yang lebih baik serta tentu saja 5G.” ungkap Le Xuan menjelaskan pada hari Sabtu 30 Oktober 2021.

Apple juga dinilai berhasil mempertahankan momen penjualan iPhone 12 dengan cara memberikan diskon yang cukup besar.

Walaupun Apple terlihat masih punya prospek yang cukup cerah, namun sebaliknya total pengiriman ponsel Android dilaporkan mengalami penurunan sebanyak 9%.

Analis utama di Canalys bernama Ben Stanton juga memberikan penjelasan bahwa keadaan ini berbeda – beda untuk tiap vendornya.

Samsung sendiri dilaporkan sedikit mengalami kesulitan untuk memenuhi beberapa stok ponsel mereka yitu lini Galaxy A dan Galaxy Note Series.

Xiaomi juga kelihatannya sedikit kesulitan dalam memenuhi permintaan pasar, vendor dari China tersebut Cuma mengirimkan 44 juta unit ponsel dengan pangsa pasar 14% saja.